Wednesday, 15 May 2013

Materi Pelajaran Kurikulum 2013 Untuk SMP/MTs

Disi anda bisa mendownload Materi kurikulum 2013 Untuk SMP/MTs
Sebelumnya saya ucapkan terimaksih kepada Bapak/ibu guru yang telah mampir di blog saya, Jangan lupa sebelum meninggalkan blog ini tinggal komentar anda. Terimaksih.
Materi Pelajaran 2013 adalah kurikum baru yang dicanangkan oleh pemerintah akan berlaku bulan juni 2013. Di dalam kurikulum 2013 pembelajaran peserta didik lebih ditekankannya aspek afektif, lebih khusus lagi yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Adapun pembelajaran secara umum adalah suatu usaha yang sengaja menggunakan pengetahuan professional yang dimiliki pendidik untuk mencapai tujuan  kurikulum. Sehingga dalam pelaksanaannya antara kurikulum dan pembelajaran tidak dapat di pisahkan.
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang merupakan lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dikembangkan pada tahun 2004 lalu, yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu. Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasai kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memperhatikan karakteristik konten kompetensi dimana pengetahuan adalah konten yang bersifat tuntas (mastery). Keterampilan kognitif dan psikomotorik adalah kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. Sedangkan sikap adalah kemampuan penguasaan konten yang lebih sulit dikembangkan dan memerlukan proses pendidikan yang tidak langsung. Dalam kurikulum 2013 ini, kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi, dimana kompetensi tersebut dikembangkan melalui berbagai cara sesuai dengan jenjang pendidikan. Untuk jenjang sekolah dasar (SD), kompetensi dikembangkan melalui tematik integratif dalam semua mata pelajaran.  Dengan pola tematik integratif ini, buku-buku siswa SD tidak lagi dibuat berdasarkan mata pelajaran. Namun, berdasarkan tema yang merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran yang relevan dengan kompetensi di SD. Dalam pembelajaran tematik-integratif ini, siswa tidak lagi belajar IPA, Bahasa Indonesia, Matematika, atau mata pelajaran lainnya. Akan tetapi,  siswa belajar tema yang didalam tema itu sudah mencakup seluruh mata pelajaran dan kompetensinya. Dengan kata lain, tidak ada pemisahan antar mata pelajaran. Melalui sistem tematik integratif ini, indikator mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial akan muncul di kelas IV, V, dan VI SD. Kelebihan dari sistem tematik integratif ini bisa dilihat dari pemberian materi IPA dan IPS untuk kelas IV yang akan memberika ruang bagi pendidik untuk lebih mengenalkan lebih dalam mengenai materi yang diajarkan dengan mengintegrasikannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga sejak mulai SD, peserta didik sudah dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan yang menyangkut dengan kehidupan sehari-harinya. Lain halnya pada jenjang SMP, dimana kompetensi dikembangkan melalui mata pelajaran, adapun dalam kurikulum 2013 ini, terdapat usulan untuk mengelompokkan mata pelajaran. Untuk mata pelajaran pendidikan agama, PPKn, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, dan bahasa Inggris, dimasukkan ke dalam kelompok A. Sementara itu, kelompok B terdiri atas mata pelajaran seni budaya, penjaskes, dan prakarya (termasuk muatan lokal), dengan pengelompokkan ini, dilakukan pula penambahan alokasi waktu. Untuk siswa SMP akan ditambahkan  alokasi waktu untuk setiap mata pelajarannya, sedangkan mata pelajarannya ada yang dikurangi, sehingga dalam setiap mata pelajaran siswa dapat lebih memahaminya dengan baik, dan materi yang diajarkan akan lebih mendalam dengan proses pencarian sendiri oleh peserta didik tersebut.
PENTING CARA DOWNLOAD
1. Klik link Skripsi sesuai keinginan atau jurusannya
2. Anda akan dibawa ke AdFly tunggu 5 detik
3. Klik LEWATI atau SKIP atau LANJUT
3. Klik UNDUH
4. Klik UNDUH GRATIS 
Materi Kami sajikan dalam bentuk file FDF Silahkan download disini

1 comments:

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan bersifat membangun