Thursday, 23 May 2013

Pleno KPU TGB-AMIN Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilgub NTB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) menetapkan KH Muhammad Zainul Majdi-M Amin (TGB-Amin) sebagai pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB.    
Kemenangan pasangan tersebut ditetapkan berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara yang diselenggarakan KPU NTB, Kamis (23/5).
“Dari hasil rakapitulasi penghitungan suara KPU NTB menetapkan pasangan nomor urut satu TGB Amin unggul pada Pilgub NTB,” kata Ketua KPU NTB Fauzan Khalid.     
Dari 2.341.492 jumlah suara yang sah, TGB-Amin meraih 1.038.638 suara (44,37%), menyusul pasangan Zulkifli Muhadly-Muhammad Ichsan (Zul-Ichsan) dengan 620.611 suara (26,50%),  Harun Al Rasyid-H. Lalu Muhyi Abidin 4.98.420 suara (21,28%), dan pasangan Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan meraih 183.823 suara (7,85%).
Dengan komposisi perolehan suara itu, KPU NTB menetapkan pasangan TGB-Amin sebagai calon terpilih dalam Pilgub NTB untuk periode 2013/2018.    
Namun, saksi pasangan Harum dan Zul-Ichsan menolak penetapan hasil penghitungan suara Pilgub NTB, karena dianggap terdapat sejumlah pelanggaran antara lain minta dilakukan pencoblosan ulang di 1.600 TPS. “Harum menolak hasil rekapitulasi dan penetapan. KPU harus menimbang dulu yang minta Pilgub ulang,” kata ketua tim pemenangan Harum, Putra Hadi Suryo.    
Nada yang sama juga datang dari saksi pasangan Zul-Ichsan tidak menerima hasil penetapan KPU NTB, dengan adanya indikasi terjadi sejumlah penyimpangan seperti yang diungkapkan pihak Bawaslu, adanya temuan di beberapa TPS yang mengizinkan pemilih mencoblos cukup dengan modal KTP tanpa disertai Kartu Keluarga.
“Kalau ada penyimpangan seperti temuan Bawaslu, semestinya jangan dulu dilakukan penetapan,” ujar saksi tim pemengan Zul-Ichsan, Kasman M Jafar.
Kedua pasangan itu berencana melayangkan sengketa hasil pilgub ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan melibatkan Yusril Ihza Mahendra, “Pak Yusril sudah siap dan data kami sudah akurat,” ujar Kasman

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan bersifat membangun