Sunday, 19 May 2013

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa RPJMDes


BAB I
1.1    Latar Belakang
Bahwa berdasarkan Undang – undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang merupakan pengganti Undang– undang Nomor 22 Tahun 1999, Desa atau yang disebut -
dengan nama lain yang selanjutnya disebut Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas – batas wilayah yuridis, berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal– usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan/atau dibentuk dalam sistem Pemerintah  Nasional dan berada di Kabupaten/Kota, sebagaimana dimaksud dalam  Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Landasan Pemikiran dalam pengaturan mengenai desa adalah keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat.
Berdasarkan pola pemikiran dimaksud, dimana bahwa Desa berwenang mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan/atau dibentuk dalam sistim Pemerintahan Nasional dan berada di Kabupaten / Kota, maka sebuah desa diharuskan mempunyai perencanaan yang matang berdasarkan partisipasi dan transparansi serta demokrasi yang berkembang di desa, maka desa diharuskan mempunyai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) ataupun Rencana Pembangunan Tahunan Desa (RKP Des).
RPJMDes Desa Bintang Rinjani ini merupakan rencana strategis Desa Bintang Rinjani untuk mencapai tujuan dan cita-cita desa. RPJMDes tersebut nantinya akan menjadi dokumen perencanaan yang akan menyesuaikan perencanaan tingkat Kabupaten. Spirit ini apabila dapat dilaksanakan dengan baik maka kita akan memiliki sebuah perencanaan yang memberi kesempatan kepada desa untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan yang efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik (Good Governance) seperti Partisipasif, transparan dan akuntabilitas.
1.1.1. Tujuan dan Manfaat.
Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Desa Bintang Rinjani ini mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut :
1.Tujuan RPJMDes.
a. Agar Desa memiliki dokumen perencanaan pembangunan desa dalam lingkup skala desa yang berkesinambungan dalam waktu 5 tahun dengan menyelaraskan kebijakan pembangunan Kecamatan maupun Kabupaten.
b. Sebagai dasar / pedoman kegiatan Pembangunan Desa Bintang Rinjani
c. Sebagai masukan penyusunan RAPBDes Desa Bintang Rinjani
1.1.2. Manfaat RPJMDes.
·         Lebih menjamin kesinambungan pembangunan.
·         Sebagai rencana induk pembangunan Desa yang merupakan acuan Pembangunan Desa
·         Pemberi arah seluruh kegiatan pembangunan di desa.
·         Menampung aspirasi kebutuhan masyarakat yang dipadukan dengan program pembangunan dari Pemerintah.
·         Dapat mendorong partisipasi masyarakat.
Dengan demikian dokumen RRPJMDes akan menjadi sebuah pedoman induk pembangunan dan dijadikan sebagai bahan acuan semua kegiatan yang akan  dilaksanakna selama lima tahun, karena merupakan singkronisasi perencanaan pembangunan Nasional, Daerah, dan Desa  yang juga merupakan Acuan atau Pedoman dalam pembangunan Desa secara sistematis, terukur dan terencana.
Selengkapnya Silahkan anda download disini

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan bersifat membangun